oleh

Akan Ada Satu Kampus Lagi Yang Miliki Prodi Kedokteran di Kupang, UCB Tanda Tangan MoU Dengan UIN Jakarta di Hari Wisuda

TEROPONGNTT, KUPANG –  Rapat Senat Terbuka Universitas Citra Bangsa (UCB) dengan agenda Wisuda Diploma III, Sarjana, dan Pendidikan Profesi, Fakultas Kesehatan dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Tahun Akademik 2022/2023, digelar di Ballroom Restauran Oriental Kupang, Senin 5 Desember 2022. Sebanyak 236 mahasiswa diwisuda pada acara ini dan dilepas ke dunia kerja.

FOTO : Wisuda UCB Kupang 2022

Yang juga menarik, pada upacara wisuda ini juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) antara Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Penandatanganan MoU dilakukan Rektor Universitas Citra Bangsa (UCB), Prof. Dr. Frans Salesman, S. E., M. Kes, dan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, Lc., M.A.

Penandatangan MoU antara kedua perguruan tinggi ini disaksikan langsung Ketua Dewan Pembina Yayasan Citra Bina Insan Mandiri (CBIM) yang juga Senator RI asal NTT,  Abraham Paul Liyanto dan Ketua LLDIKTI Wilayah XV NTT, Prof. Adrianus Amheka, ST, M.Eng, serta semua yang hadir dalam upacara wisuda tersebut, yakni para pejabat pemerintah baik provinsi maupun Kabupaten Kupang dan Kota Kupang, para pimpinan universitas, Sekretaris APTISI Wilayah XV NTT, para dosen, para wisudawan dan orang tua para wisudawan.

Setelah menandatangani MoU, Rektor UCB, Prof. Dr. Frans Salesman, S. E., M. Kes, menjelaskan kepada semua yang hadir di acara wisuda, bahwa dengan adanya kerjasama ini, maka Program Studi Profesi Apoteker akan mulai berlangsung di Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang dengan status sebagai Mahasiswa Prodi Profesi Apoteker UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Artinya kuliah di Kupang tapi statusnya mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Silahkan kuliah di UCB Kupang dengan status mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah. Dan juga kami sampaikan bahwa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan jadi Induk Semang untuk Prodi Kedokteran mulai tahun 2024 di UCB Kupang,” kata Prof. Dr. Frans Salesman, yang disambut tepuk tangan meriah semua yang hadir.

FOTO : Acara wisuda UCB Kupang

Selain itu, tambah Prof. Dr. Frans Salesman, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga akan jadi induk semang untuk Prodi Teknik Informatika dan Prodi Bisnis Digital. Sebuah kesepakatan Kerjasama yang sangat membantu dan menguntungkan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) serta kedua universitas.

Dengan adanya rencana pembukaan Prodi Kedokteran di Universitas Citra Bangsa (UCB), maka di Kota Kupang dan di Provinsi NTT umumnya, akan ada dua kampus yang memiliki prodi kedokteran. Kalau selama ini hanya ada Prodi Pendidikan Kedokteran dan Prodi Profesi Kedokteran di Fakultas Kedokteran Undana, maka aka nada tambahan satu kampus yang memiliki Prodi Kedokteran yakni Prodi Kedokteran, Fakultas Kesehatan UCB Kupang.

Pada upacara wisuda ini, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, Lc., M.A. juga diberi kepercayaan dan kesempatan menyampaikan Orasi Ilmiah di hadapan para wisudawan dan para orang tua wisudawan serta semua yang hadir. Orasi Ilmiah Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini berisi pesan tentang pentingnya Pendidikan dan Pengembangan Bisnis Digital di jaman modern ini.

Prof. Dr. Hj.Amany Burhanuddin Umar Lubis, berterima kasih kepada UCB Kupang atas terselenggaranya kekrjasama antar kedua perguruan tinggi tersebut dengan harapan Kerjasama ini berjalan baik dan saling menguntungkan. Ia juga memuji kampus UCB Kupang yang dilengkapi fasilitas yang baik dalam mendukung kegiatan perkuliahan.

“Semoga kerjasama ini terus berlanjut dan menguntungkan kita bersama. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta siap menyukseskan Kerjasama yang baik ini,” kata Prof. Dr. Hj.Amany Burhanuddin Umar Lubis.

Ketua LLDIKTI Wilayah XV NTT, Prof. Adrianus Amheka dalam sambutannya mengucap selamat kepada para wisudawan serta menegaskan bahwa LLDIKTI Wilayah XV NTT, siap membantu perguruan tinggi swasta di Nusa Tenggara Timur (NTT), termasuk Universitas Citra Bangsa (UCB), untuk terus berkembang menjadi perguruan tinggi yang berkualitas, tentunya sesuai tugas dan fungsi LLDIKTI.

Sementara Asisten I Setda Provinsi NTT, Erny Usboko dalam sambutannya, mengharapkan para wisudawan dapat mengamalkan pengetahuannya ketika terjun ke dunia kerja dan Kembali berbaur bersama masyarakat. Para alumni UCB juga diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri dan tidak hanya berharap menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Sementara salah satu lulusan terbaik dari Prodi Pendidikan  Informatika FKIP UCB, Rosalina Mbena, S.Pd, ketika memberi sepatah kata mewakili para wisudawan, mengucapkan terima kasih kepada para dosen dan semua unsur di Universitas Citra Bangsa (UCB), yang telah berperan penting dalam mendidik mereka selama duduk di bangku kuliah. Serta terima kasih kepada para orang tua wali yang telah mengirim mereka untuk belajar di UCB Kupang.

Rosalina Mbena berjanji, sebagai alumni mereka akan berusaha untuk menjaga nama baik kampus Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang dalam dunia pekerjaan. Dan, siap menerapkan pengetahuan yang ditimba di bangku kuliah untuk kehidupan yang lebih baik dan untuk kepentingan masyarakat banyak.

Pada acara wisuda ini, juga hadir perwakilan dari Universitas Warmadewa (Unwar) Bali yang juga selama ini memiliki kesepakatan kerja sama dengan UCB Kupang.

(max)

 

Komentar