oleh

Esok, Walikota Fairid Naparin Resmikan Kantor Kopdit Pintu Air Cabang Palangka Raya

-Ekbis-94 views

TEROPONGNTT, PALANGKA RAYA, – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin dijadwalkan meresmikan Kantor KSP Kopdit Pintu Air Cabang Palangka Raya, esok, Sabtu, (19/11/2022) di Kompleks Soverdi Jalan Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimatan Tengah.

FOTO : Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin (Sumber Foto : Fortuna)

Acara peresmian tersebut dihadiri langsung tokoh koperasi nasional Romanus Woga yang adalah Bupati Sikka, para pejabat lingkup Pemerintah provinsi Kalimatan Tengah, Pemkot Palangka Raya, Ketua Pengurus Pusat KSP Kopdit Pintu Air Yakobus Jano, pejabat Dinas Koperasi Kota Palangka Raya, mitra gerakan koperasi kredit dan lembaga jasa keuangan lainnya.

Hadir juga Ketua Pengawas Bernabas Hening, General Manager KSP Kopdit Pintu Air Gabriel Pito Sorowutun, Penasehat Rohani Pater George Kirlberger,SVD, Wakil Ketua III Vinsensius Deo bersama staf sekretariat Tarsisius Aman, Trudis Lake serta media partner.

Adapun peresmian Kantor Pintu Air Cabang Palangka Raya esok, merupakan awal dari rangkain acara peresmian tiga kantor cabang diluar provinsi Nusa Tenggara Timur selama sepekan kedepan.

Dua kantor cabang lainnya yakni di Kota Sengata Provinsi Kalimantan Timur yang akan diresmikan pada Selasa 22 November 2022 dan Cabang Dompu di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Sabtu, 26 November 2022.

Adapun ketiga Kantor tersebut telah hadir dan beroperasi melayani masyarakat sejak tahun 2019 dan kini saatnya dinaikan statusnya dari Kantor Cabang Pembantu (KCP) menjadi Kantor Cabang.

Sekretaris II Pengurus Pusat KSP Pintu Air Tonceanus Jawa kepada www.fortuna.press di Palangka Raya, Jumad, (18/11) mengatakan Cabang Palangka Raya merupakan kantor Cabang ke-56 yang telah memberikan pelayanan bagi masyarakat Indonesia di daerah itu.

Sebelumnya, Kopdit Pintu Air telah hadir dan melayani warga masyarakat nusantara di 55 Kantor Cabang di 20 Provinsi di Indonesia.

Didahului Misa Syukur

Menurut Tonce, acara peresmian didahului dengan Misa Syukur yang dipimpin Pater George Krilberger,SVD selaku penasehat rohani Kopdit Pintu Air dan imam konselebran serta dimeriahkan oleh koor dari umat setempat.

FOTO : KSP Pintu Air KCP Palangka Raya

Usai misa akan dilanjutkan dengan penjemputan tamu VIP dari pemerintah provinsi dan kota Palangka Raya kemudian dilakukan acara seremonial peresmian kantor oleh Walikota Palangka Raya Fairid Naparin atau pejabat yang mewakili.

Adapun Kantor Cabang Palangka Raya sudah mengantongi Izin Pendirian dari pemerintah provinsi Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kota Palangka Raya

Terpisah, Ketua Komite Cabang Pembantu (KCP) Palangka Raya Sirilus Satban mengatakan persiapan peresmian Kantor Cabang Palangka Raya sudah mencapai 95 %.

Dengan peningkatan Kantor Cabang Palangka Raya dari KCP diharapkan mampu mengoptimalkan pelayanan bagi warga masyarakat Kota Palangka Raya dan juga Provinsi Kalimatan Tengah pada umumnya dalam mengkases fasilitas layanan simpan pinjam berbasis koperasi.

Sirilus menjelaskan KCP Palangka Raya sudah berdiri sejak tahun 2019 dan telah memiliki jumlah anggota 847 orang. Total asset yang ada saat ini adalah Rp 6 miliar lebih.

Mayoritas anggota KSP Kopdit Pintu Air Palangka Raya didominasi oleh masyarakat Dayak, para pendatang termasuk warga Diaspora Nusa Tenggara Timur yang bekerja di Kalimantan Tengah.

Ia menjelaskan dana pinjaman yang digulirkan saat ini lebih banyak untuk kepentingan pengembangan UMKM termasuk sekitar 25% oleh para buruh yang bekerja di perkebunan kelapa sawit.

Untuk diketahui, KSP Kopdit Pintu Air adalah salah satu koperasi peringkat satu nasional. Saat ini jumlah anggota Pintu Air sebanyak 335.550 orang lebih yang tersebar di 55 cabang di 20 provinsi di Indonesia dengan total asset Rp 1,7 triliun lebih

Adapun Cabang Palangka Raya sebelumnya adalah salah satu Kantor Cabang Pembantu (KCP) yang berkoordinasi langsung dengan kantor pusat KSP Kopdit Pintu Air yang beralamat di Kampung Rotat, Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

(Tim/42na)

Komentar