oleh

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, Beri Kuliah Umum di Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang

TEROPONGNTT, KUPANG —  Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, juga memberi Kuliah Umum di Kampus Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang, Sabtu (22/5/2021). Pada kuliah umum ini, Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengajak mahasiswa untuk berani menciptakan lapangan kerja sendiri setelah temat dari bangku kuliah, dan tidak cuma berpikir untuk menjadi PNS atau ASN.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia datang ke Universitas Citra Bangsa (UCB) bersama Calon Ketua Umum Kadin Indonesia, M. Arsjad Rasjid P.M dan Senator asal NTT, Abraham Paul Lianto. Kuliah umum yang dipandu Rektor UCB, Prof. Dr. Frans Salesmas ini dihadiri ratusan mahasiswa, para dosen serta sejumlah pengusaha  dan jajaran pengurus Kadin NTT.

Dikatakan Bahlil Lahadalia, kebutuhan tenaga PNS/ASN tidak sebanding dengan banyaknya lulusan perguruan tinggi yang terus dihasilkan setiap tahunnys. Akibatnya, angka pengangguran akan meningkat jika jebolan perguruan tinggi tidak berani membuka lapangan kerja sendiri.

“Kuliah itu jangan hanya kutu buku supaya dapat nilai tinggi. Tetapi harus ada pengembangan diri melalui kegiatan ekstra kampus, seperti kegiatan organisasi, pelatihan ketrampilan atau yang lainnya. Banyak pula jebolan organisasi yang nilai kuliahnya waktu di kampus tidak terlau tinggi, tetapi kualitasnya ketika masuk dunia kerja sangat bangus,” kata Bahlil Lahadalia.

Selain itu, kata Bahlil Lahadalia, saat ini pemerintah telah menyiapkan regulasi yang member kemudahan bagi masyarakat untuk bisa memulai dan mengembangkan usaha sendiri. Untuk mendapat ijin usaha tidak rumit lagi urusannya, sudah dilayani secara gratis melalui layanan berbasis internet di OSS.go.id.

“Kalau dulu mau tanda tangan surat untuk proses ijin usaha harus tunggu kepala dinas, sekarang tidak perlu ketemu kepala dinas lagi untuk proses ijin usaha. Masuk saja melalui OSS.go.id langsung diproses secara cepat. Menciptakan lapangan kerja dengan menjadi pengusaha atau pengusaha kecil sudah tidak sulit lagi dengan adanya UU Cipta Kerja,” kata Bahlil Lahadalia.

Sementara Calon Ketua Umum Kadin Indonesia, M. Arsjad Rasjid P.M yang juga tampil sebagai pembicara, mengatakan kalau kamar dagang dan industri (KADIN) sebagai organisasi yang menaungi para pengusaha atau pelaku usaha, tentu sangat mendukung kalau tamatan perguruan tinggi berniat terjun di dunia usaha. Sehingga bisa menciptakan lapangan kerja dan menjadikan kehidupan ekonomi bangsa menjadi lebih baik.

Rektor Universitas Citra Bangsa (UCB), Prof. Dr. Frans Salesman mengucapkan terima kasih kepada Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia bersama Calon Ketua Umum Kadin Indonesia, M. Arsjad Rasjid P.M dan rombongan yang telah bersedia member kulaih umum di kampus universitas tersebut. Hal yang sama disampaikan Senator asal NTT, Abraham Paul Lianto yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Citra Bangsa, yayasan yang menaungi perguruan tinggi tersebut.

(max)

Komentar