oleh

Prodi Ners Universitas Citra Bangsa (UCB) Ajak Masyarakat Desa Fatuknutu Untuk Vaksin

TEROPONGNTT, KUPANG — Para dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Ners Fakultas Kesehatan Universitas Citra Bangsa (FK-UCB) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Fatuknutu, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, Minggu (23/5/2021). Koordinator Profesi Ners Sebastianus Tahu S.Kep.,Ns., M.Kep menjelaskan kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama antara institusi UCB dan Organisasi Profesi.

“Ini adalah kegiatan bersama antara organisasi profesi PPNI Provinsi NTT dan institusi pendidikan kesehatan. Kita prodi Ners ikut ambil bagian dan dipercaya melakukan penyuluhan Kesehatan terkait covid-19 dan vaksinasi,” jelas Dosen yang masih jomblo ini.

Sekretaris Prodi Ners UCB, Mariaty Barimbing, S.Kep.,Ns.,M.Kep dalam materinya mengajak warga untuk tidak takut untuk divaksin. Karena vaksi merupakan salah satu langkah untuk mencegah kita tertular penyakit Covid-19 yang berbahaya ini.

“Jadi bapa mama, setelah kita tau tentang covid-19, maka langkah berikutnya adalah kita harus lakukan vaksin. Ini untuk mencegah kita tidak tertular penyakit yang berbahaya ini,” jelas Dosen muda yang biasa disapa Aty ini.

“Bapa mama, tidak usah takut dengan isu-isu tidak benar terkait vaksin ini. Efek dari vaksin ini tidak sampe membuat kita meninggal. Tidak ada yang perlu kita takutkan. Efek yang sering itu, hanya mengantuk, sering lapar dan sedikit nyeri,” lanjut Aty.

Dosen senior lainnya Apolonaris Berkanis, S,Kep.,Ns, M.Kes dalam kesaksiannya menyampaikan pengalaman pribadi ketika dirinya divaksin.

“Saya, asli orang Timor dan saya salah satu yang berisiko bapa ibu. Jantung saya ada terpasang beberapa cincin dan saya punya beberapa riwayat penyakit lainnya. Tetapi bisa lakukan vaksin. Hasilnya saya baik-baik saja hingga hari ini. Oleh sebab itu jangan takut ya. mari kita sukseskan vaksin 100 persen untuk desa kita ini,” jelas Aris dengan tambahan beberapa kalimat Bahasa Timor.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua PPNI Provinsi NTT, Aemilianus Mau S.Kep.Ns.M.Kep. Hadir dalam kegiatan ini Dekan FK UCB, Vinsen Belawa Lemaking SKM.M.Kes, Kepala LPM UCB Dr. Drs Abdul Majid, M.Si. Perwakilan Divisi Keperawatan Komunitas UCB Yohanes Dion, S.Kep.,Ns.M.Kes.

Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita.

(vm)

 

Komentar