Pendidikan

Sentosa Foundation Gelar Elbajo Essay Competition di Labuan Bajo, Bekerjasama Dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat

42
×

Sentosa Foundation Gelar Elbajo Essay Competition di Labuan Bajo, Bekerjasama Dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat

Sebarkan artikel ini
FOTO : Elbajo Essay Competition Ke-2 di Labuan Bajo

TEROPONGNTT, LABUAN BAJO – Sentosa Foundation bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manggari Barat, menggelar Elbajo Essay Competition Ke-2 di Labuan Bajo pada tanggal 30 September – 01 Oktober 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Bupati Manggarai Barat ini mengusung tema, “Ide dan Inovasi untuk Membangun Generasi Emas 2045”.

Kegiatan Elbajo Essay Competition 2 ini dibuka langsung oleh Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, S.E. Perlombaan dalam kegiatan ini berupa presentasi dalam bentuk pameran poster.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, S.E dalam sambutannya mengatakan, Elbajo Essay Competition merupakan sebuah wadah untuk para generasi muda Indonesia menuangkan ide dan kreatifitas mereka dan berinovasi untuk membentuk suatu perubahan yang lebih baik.

Dengan harapan, kerjasama antara Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat dengan Sentosa Foundation dapat terus berlanjut demi mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi di Indonesia.

Peserta Elbajo Essay Competition 2 berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Karena itu diharapankan, acara ini bisa menjadi wadah silaturrahmi. Selain itu juga diharapkan, para peserta dapat membuat inovasi yang dapat diaplikasikan di masyarakat, sehingga memberikan kebermanfaatan untuk Indonesia.

Mulai dari pembukaan acara sampai dengan pembagian hadiah berlangsung di Kantor Bupati Manggarai Barat. Setelah berlomba, para finalis akan mengikuti fieldtrip ke beberapa tempat yang otentik dengan Labuan Bajo, seperti; Pulau Padar, Pulau Komodo, Pulau Kelor, dan Pink Beach.

Presentasi dengan menggunakan sistem pameran poster berlangsung dengan baik dan berkesan. Selain para finalis mengirimkan karya essay dalam bentuk paper, mereka juga membawa poster yang ditampilkan ketika presentasi berlangsung.

Poster yang dicetak dengan ukuran A0 (84,1 x 118,9 cm ) ini dipasangkan langsung oleh para finalis dan langsung ditempatkan di lokasi acara sebelum dilakukan pembukaan. Tidak hanya itu saja, banyak finalis langsung membawakan produk dari karya poster yang dibuat seperti prototype, contoh barang atau produk, barcode aplikasi, dan lain sebagainya.

Presentasi poster dilakukan oleh masing-masing team dengan rentang waktu selama 5 menit dan 3 menit tanya jawab oleh para dewan juri. Jangka waktu tersebut menjadi salah satu tantangan bagi para finalis, dapat menyampaikan intisari dari karya yang telah diciptakan dengan baik.

Adapun hasil pengkualifikasian penghargaan kejuaraan Elbajo Essay Competition 2 tahun 2023 yaitu :

JUARA 1 dimenangkan oleh team dari Universitas Negeri Malang dengan ketua team Elva Arista.

JUARA 2 dimenangkan oleh Kadek Ade Rina berasal dari Universitas Mahasaraswati Denpasar.

JUARA 3 dimenangkan oleh team dari Universitas Sriwijaya dengan ketua Muhammad Jeri.

JUARA HARAPAN 1 dimenangkan oleh I Wayan Putu Widiantara sebagai ketua team dari Universitas Mahasaraswati Denpasar.

JUARA HARAPAN 2 dimenangkan oleh Ni Kadek Sri Raatuningsih sebagai ketua berasal dari Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Terakhir, JUARA HARAPAN 3 dimenangkan oleh team dari IPB University dengan ketua Imra Atun Helmi.

Acara Elbajo Essay Competition 2  tahun 2023 berlangsung sangat meriah karena banyak kategori penghargaan yang diberikan kepada para pemenang, seperti Juara 1 sampai dengan harapan 3, Gold, Silver dan Bronze medal, Best Poster, Best paper, Best Presentation, Favorite Poster, Best Video, Favorite Video, Favorite Paper, serta Juara Umum.

Bukan hanya itu, hadiah yang diberikan juga bervariasi, dari uang pembinaan, piala, medali, dan sertifikat penghargaan.

Penghargaan favorit poster masing-masing bidang dimenangkan oleh;

  • Bidang Teknologi dimenangkan oleh Arini Khimaya A dan team berasal dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
  • Bidang Lingkungan dimenangkan oleh Hananda Christy Sutoyo dan team yang berasal dari Universitas Sebelas Maret.
  • Bidang Pendidikan dimenangkan oleh team dari Politeknik Negeri Malang dengan ketua Septi Lutfiana.
  • Bidang Hukum Sosial dan Ekonomi dimenangkan oleh Ni Nyoman Yulita Anggreni dan team berasal dari Universitas Mahasaraswati Denpasar.
  • Bidang Pertanian dimenangkan oleh Imra Atun Helmi dan team berasal dari IPB University.
  • Bidang Kesehatan dimenangkan oleh Muhammad Dicky Iswara dan team berasal dari IPB University.
  • Dan terakhir Bidang Pariwisata dimenangkan oleh Achmad Sanusi Umli Asin dan team yang berasal dari Politeknik Negeri Malang.
  • Penghargaan best paper diraih oleh Hananda Christy Sutoyo dan team yang berasal dari Universitas        Sebelas Maret.
  • Best     Presentasi        dimenangkan   oleh     team    dari      Universitas Mahasaraswati Denpasar dengan ketua team Kadek Ade Rina.
  • Best Poster dimenangkan oleh team dari Universitas Sriwijaya dengan ketua team M. Irvan Firdaus.
  • Best Video diraih oleh team dari Politeknik Negeri Malang dengan ketua Septi Lutfiana.
  • Favorit Paper dimenangkan oleh team dari Universitas Negeri Malang dengan ketua Elva Arista.
  • Sedangkan Favorit Video dimenangkan oleh team dari Universitas Mahasaraswati Denpasar dengan ketua team Ni Kadek Sri Ratihningsih.
  • Penghargaan The Most Favorite poster diraih oleh team dari Politeknik Negeri Malang dengan ketua Achmad Sanusi Umli Asin.
  • Juara Umum Elbajo Essay Competition 2  tahun 2023 diraih oleh Universitas Sriwijaya sebagai instansi dengan jumlah total poin tertinggi.

Acara Elbajo Essay Competition 2  tahun 2023 tentunya tidak bisa terlaksana dengan baik, tanpa adanya bantuan dari seluruh elemen yang membantu. baik dari Lembaga pemerintahan, Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, seluruh peserta yang terlibat, volunteer serta panitia yang bertugas.

Pihak penyelenggara mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat selaku pihak kerjasama dalam penyelenggaraan kegiatan ini, dan terimakasih untuk untuk seluruh pihak terkait yang ikut mendukung suksesnya kegiatan ini.

 

(*)

 

Comment