oleh

Wadah Titian Harapan Gelar Pelatihan Bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengelola PAUD di Alor

TEROPONGNTT, KALABAHI — Yayasan Wadah Titian Harapan menggelar kegiatan Pelatihan Guru, Kepala Dekolah dan Pengelola PAUD selama dua hari di Kabupaten Alor, Provinsi NTT. Kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para guru, kepala sekolah dan pengelola PAUD sesuai standar Pendidikan.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan Gedung PAUD Titian Harapan Desa Tasi, Kabupaten Alor pada Selasa – Rabu (21-23/6/2022). Kegiatan ini diikuti peserta dari 15 PAUD yang ada di wilayah Kabupaten Alor.

Ketua Panitia Pelatihan, Johanis Atamai mengatakan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar. Pendidikan pada jenjang ini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Dalam pelaksanaannya, kata Atamai, guru dan tenaga kependidikan (GTK) sangat diharapkan memiliki kompetensi sesuai standar Pendidikan yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional agar guru dan tenaga kependidikan dapat memenuhi tuntutan kebutuhan dan perkembangan yang ada di masyarakat. Sehingga PAUD yang berkualitas tentunya juga harus didukung oleh Guru dan Tenaga Kependidikan yang juga berkualitas.

Sementara Wadah Titian Harapan, jelas Atamai, adalah yayasan internasional  yang mempunyai kepedulian terhadap masa depan bangsa dengan berfokus pada salah satu bidang yaitu pendidikan melalui kegiatan PAUD. Untuk itu, Wadah juga berkomitmen terhadap peningkatan mutu GTK PAUD dan terus berupaya melakukan terobosan peningkatan kualitas GTK PAUD.

“Dengan melakukan terobosan melalui pelatihan konsep dasar PAUD, Perencanaan Belajar, Penilaian Perkembangan anak dan parenting bagi pendidik PAUD terutama di lingkungan komunitas dampingan Wadah,” jelas Atamai melalui pesan whatsapp (WA), Minggu (19/6/2022).

Pelatihan dengan materi penting tentang konsep dasar PAUD, Perencanaan Belajar, dan Penilaian Perkembangan anak usia dini ini, lanjut Atamai, berdasarkan pada kebutuhan di lapangan bahwa sebagian besar pendidik PAUD di lingkungan WADAH, khususnya di daerah Alor masih perlu ditingkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikapnya dalam pengetahuan konsep dasar PAUD, pembuatan perencanaan pembelajaran, baik itu rencana pembelajaran semester, pembelajaran mingguan, pembelajaran harian, sampai dengan pengetahuan terkait penilaian perkembangan anak usia dini.

“Harapan dari kegiatan ini, para guru dan tenaga kependidikan benar-benar dapat memberikan layanan pembelajaran yang bermutu dengan meningkatnya pemahaman dan kemampuan guru serta tenaga kependidikan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah PAUD,” kata Atamai.

(max)

Komentar