Nasional

Didukung Dekranasda NTT dan Dinas Pendidikan, Brigita Kireyna Leong Merasa Bahagia Bisa Meraih Piala Miss Asia Award 2023 di Philipina

282
×

Didukung Dekranasda NTT dan Dinas Pendidikan, Brigita Kireyna Leong Merasa Bahagia Bisa Meraih Piala Miss Asia Award 2023 di Philipina

Sebarkan artikel ini
FOTO : Miss Asia Award 2023, Brigita Kireyna Leong dan Kadis P dan K Provinsi NTT, Linus Lusi

TEROPONGNTT, KUPANG – Gadis cantik asal Kabupaten Belu, Provinsi NTT, Brigita Kireyna Leong, dipercaya mewakili Indonesia dalam ajang kontes kecantikan Miss Asia Award 2023 yang digelar di Negara Philipina. Dalam kontes kecantikan tingkat Asia ini, gadis berusia 18 tahun tersebut berhasil keluar sebagai Top 6 Miss Asia Award 2023.

FOTO : Miss Asia Award 2023, Brigita Kireyna Leong dan Kadis P dan K Provinsi NTT, Linus Lusi bersama pejabat lainnya

Untuk mencapai prestasi bergensi ini, Brigita Kireyna Leong mengakui kalau dirinya tidak cuma mengandalkan kemampuan dirinya sendiri. Selain didukung oleh kedua orang tua dan keluarganya, ia juga mendapat dukungan dan support dari Dekranasda NTT, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, serta melalui berbagai tahapan

Hal ini diungkap Brigita Kireyna Leong, dalam konferensi pers yang digelar di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Provinsi NTT. Dalam konferensi pers, alumni SMA Negeri 3 Kupang ini, didampingi Kepala Dinas P dan K Provinsi NTT, Linus Lusi serta pejabat dari Dinas P dan K Pronisni NTT dan Dekranasda NTT.

Sementara ibu kandung dari Brigita Kireyna Leong, yakni Ibu Magdalena Lince Yandra, tampak merekam video peristiwa konferensi pers pustrinya menggunakan ponsel dari depan. Setelah konfernesi pers dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Brigita Kireyna Leong menjelaskan, perjalannya sampai mengikuti kontes kecantikan Miss Asia Award 2023 berawal ketika ia mengikuti Pemilihan Miss Nusantara pada pertengahan tahun 2022 di Medan, Provinsi Sumatera Utara. Ia mengukit ajang itu melalui bantuan Dekranasda NTT yang dipimpin Bunda Julie Sutrisno Laiskodat sebagai ketua Dekranasda-nya.

Pada Pemilihan Miss Nusantara 2022 di Medan itu, bungsu dari tiga bersaudara buah hati pasangan ayah Jimmy Leono Leong dan ibu Magdalena Lince Yandra ini keluar sebagai juara ke-2 Miss Nusantara 2022. Karena prestasi tersebut, ia kemudian terpilih mewakili Indonesia mengikuti kontes Miss Asia Award 2023 yang digelar di Philipina.

“Dukungan yang diberikan Dekranasda NTT adalah berupa busana atau pakaian tenun ikat NTT dan juga biaya transportasi. Sementara Dinas Pendidikan NTT memberi dukungan berupa pengetahuan dan lainnya untuk mempersiapkan pengetahuan saya mengikuti ajang tersebut,” jelas Brigita.

Brigita mengakui, sebelum mencapai prestasi ini, ia memang sering mengikuti kegiatan lomba ketika masih sekolah di baik di tingkat SMP maupun di SMA Negeri 3 Kota Kupang. Berbagai proses ia ikuti hingga akhirnya mengikuti kontes kecantikan di ajang bergensi ini.

FOTO : Jumpa pers Miss Asia Award 2023, Brigita Kireyna Leong

“Dalam kontes Miss Asia Award 2023 ini saya memperkenalkan kebudayaan NTT, baik busana dengan tenun ikatnya, juga tarian adatnya. Saya membawakan tarian adat dari Kabupaten TTS dalam ajang bergensi ini,” kata Bergita.

Karena itu, gadis yang pingin mengambil jurusan hukum saat kuliah nanti ini, berpesan agar generasi muda di Nusa tenggara Timur (NTT) jangan takut mengikuti perlombaan atau ajang pencarian bakat lainnya. Kenali bakat dalam diri dan harus siap untuk menjadi anak yang berprestasi.

“Terima kasih Dekranasda NTT dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi NTT atas dukungannya sehingga saya bisa meraih prestasi ini,” kata Brigita.

Uangkapan kebahagiaan juga disampaikan ibu Magdalena Lince Yandra saat dimintai komentarnya oleh para wartawan. Sebagai orangtua, ibu Magdalena mengaku bangga dengan prestasi yang diraih putri bungsunya itu.

“Semoga putriku terus berprestasi dan terus membanggakan orang tua, serta bangsa dan negara. Terima kasih juga kepada Dekranasda NTT dan Dinas Pendidikan NTT,” kata ibu Magdalena.

Sementara Kadis P dan K Provinsi NTT, Linus Lusi, mengatakan, Dinas P dan K Provinsi NTT akan terus mendukung dan mensuport setiap anak yang ingin berprestasi dan mau berusaha mengharumkan nama provinsi dan negeri tercinta. Termasuk dukungan bagi Pendidikan anak-anak berpreatsi seperti Brigita Kireyna Leong.

Apalagi gadis cantik ini telah mempromosikan kekayaan kebudayaan dan pariwisata NTT ke tingkat nasional hingga ke tingkat dunia. Sehingga Provinsi NTT makin dikenal dan menjadi makin maju.

(max)

 

Comment