Nasional

Penjabat Gubernur Tutup Kegiatan SERAMBI Sekaligus Buka Kegiatan Road to FESyar (Festival Ekonomi Syariah) Bank Indonesia Perwakilan NTT

21
×

Penjabat Gubernur Tutup Kegiatan SERAMBI Sekaligus Buka Kegiatan Road to FESyar (Festival Ekonomi Syariah) Bank Indonesia Perwakilan NTT

Sebarkan artikel ini
FOTO : Di Acara penutupan SERAMBI BI tingkat Provinsi NTT

TEROPONGNTT, KUPANG – Selama lebih dari dua pekan, sejak Senin 18 Maret 2024, Bank Indonesia (BI) menggelar kegiatan SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri) tahun 2024 secara serentak di seluruh Indonesia. Di Tingkat Provinsi NTT, kegiatan SERAMBI ini secara resmi ditutup Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G L Kalake, SH, MDC pada Rabu 3 April 2024.

Pada saat yang sama, setelah menutup kegiatan SERAMBI, Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G L Kalake, SH, MDC kemudian didaulat membuka kegiatan Road to FESyar (Fes-tival Ekonomi Syariah) Bank Indonesia (BI) Tingkat Provinsi NTT.

Festival Ekonomi Syariah (FESyar) merupakan agenda tahunan Bank Indonesia dalam rangka mendukung akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah melalui kolaborasi dengan stakeholders strategis di tingkat daerah.

Acara penutupan kegiatan SERAMBl (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri), yang dirangkai dengan Pembukaan kegiatan Road to FESyar (Festival Ekonomi Syariah) 2024 dan Buka Puasa Bersama ini, dilaksanakan di Aula El Tari Kupang. Penutupan kegiatan SERAMBl dan Pembukaan kegiatan Road to FESyar (Festival Ekonomi Syariah) ditandai dengan pemukulan bedug secara bersama-sama oleh Penjabat Gubernur NTT dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTT.

Selain dihadiri Kepala KPw BI Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjajati dan jajaran, acara ini ju-ga dihadiri para pimpinan perbankan, Ketua MUI NTT dan pimpinan organisasi keagamaan, serta para peserta lomba dakwah, qasidah dan cerdas cermat dari Tingkat SMP dan SMA, ser-ta perwakilan santri.

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G L Kalake, SH, MDC dalam sambutannya, menyam-paikan apresiasi kepada Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi NTT yang telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan demi memberi pelayanan terbaik kepada Masyarakat selama Bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri nanti, dan pada Hari Raya Paskah 2024 bagi umat Kristen di wilayah Provinsi NTT.

“Selamat menunaikan Ibadah Puasa kepada segenap umat muslim, juga saya mengucapkan Selamat Pesta Paskah kepada segenap umat Kristen di Nusa Tenggara Timur. Mari kita terus mengedepankan semangat toleransi dan kebersamaan dan terus mendukung Pembangunan di Nusa Tenggara Timur,” kata Penjabat Gubernur.

Pada kesempatan ini, Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G L Kalake juga menyampaikan sejumlah hal yang menjadi perhatian bersama pemerintah dan Bank Indonesia serta kalangan perbankan. Yaitu terkait pertumbuhan ekonomi, upaya menjaga jalu inflasi, perhatian khusus pada kenaikan harga bahan kebutuhan pokok terutama beras, serta pentingnya Bank Indonesia dan kalangan perbankan melayani penukaran uang kecil atau uang receh kepada Masyarakat.

Selain itu, Penjabat Gubernur juga mengingatkan tentang pentingnya memastikan ketersediaan uang yang cukup di setiap ATM semua bank selama masa libur Idul Fitri, sehingga memudahkan masyarakat saat menarik uang tunai di ATM, memastikan penggunaan sistem pembayaran non tunai atau sistem pembayaran elektronik secara digital menggunakan QRIS pada UMKM, terutama di pusat-pusat Kawasan pariwisata dan pusat kuliner.

Pada kesempatan ini, Penjabat Gubernur juga mengingatkan setiap Perusahaan untuk membayar THR (Tunjangan Hari Raya) kepada setiap karyawannya sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Dan kepada para pemenang lomba dakwah, qasidah dan cerdas cermat, disampaikan ucapan selamat.

Sementara Kepala KPw BI Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjajati, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri) tahun 2024 yang digelar bersama kalangan perbankan di wilayah Provinsi NTT telah berjalan dengan baik dalam Upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat akan uang tunai.

Dikatakan Agus Sistyo Widjajati, KPw BI Provinsi NTT bersinergi dengan 23 perbankan di Kota Kupang dalam memberikan layanan penukaran uang kepada Masyarakat dalam kegiatan SERAMBI 2024. Masyarakat melakukan penukaran uang di loket perbankan di seluruh wila-yah NTT yang tersebar di 70 titik penukaran pada loket perbankan.

Selain layanan penukaran uang, kata Agus Sistyo Widjajati, terdapat beberapa kegiatan lainnya dalam rangkaian kegiatan SERAMBI 2024 untuk menyemarakkan Ramadan dan Idul Fitri, yakni perlombaan dakwah antar pelajar, Qasidah, cerdas cermat antar santri (bekerjasa-ma dengan MUI, Majlis Taklim, dan pihak terkait lainnya), serta Sosialisasi Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah di beberapa lokasi.

Acara penutupan kegiatan SERAMBl (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri), yang dirangkai dengan Pembukaan kegiatan Road to FESyar (Festival Ekonomi Syariah) 2024 dan Buka Puasa Bersama ini, Kepala KPw BI Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjajati juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba dakwah antar pelajar, Qasidah, dan cerdas cermat antar santri.

(max)

Comment