Nasional

Prodi Ners UCB Gelar Kuliah Pakar Paliative Care; Pemateri Ahli dari Australia

16
×

Prodi Ners UCB Gelar Kuliah Pakar Paliative Care; Pemateri Ahli dari Australia

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNTT, KUPANG — Program Studi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Citra Bangsa (FIkes-UCB) menggelar Kuliah Pakar terkait Paliative Care dan Ongkologi dengan pemateri Ms. Kate Valls (Nurse Speacialist of Palliative Care) dan Ms Joan Schumacher (Nurse Speacialist of Oncology) di Aula Universitas Citra Bangsa Jumat (28/6/2024). Acara ini dibuka secara resmi oleh Dekan FIKes-UCB Ns. Sakti Oktaria Batubara S,Kep.,M.Kep, PhD.

Ketua Program Study Ners Ns. Yohanes Dion S.Kep.,M.Kes dalam keterangannya menjelaskan Prodi Ners UCB telah berkomitmen menjadikan dua hal ini sebagai bagian dari kompetensi unggulan. “Kebutuhan akan perawatan paliatif dan onkologi di NTT sebenarnya tinggi seiring dengan meningkatnya kasus berkaitan dengan dua hal tersebut.

Namun perlu disadari bahwa harus ada komitmen untuk menyiapkan SDM yang kompeten dalam bidang paliatif dan onkologi. Prodi Ners UCB sudah mulai dengan menambahkan mata kuliah Paliatif dan home Care serta mulai mendalami kasus onkologi. Oleh sebab itu kehadiran dua orang pakar ini sangat membantu kami”. Jelas Dosen dengan spesialis komunitas ini.

Perawatan paliatif adalah perawatan pada seorang pasien dan keluarganya yang memiliki penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan cara memaksimalkan kualitas hidup pasien serta mengurangi gejala yang mengganggu, dengan memperhatikan aspek psikologis dan spiritual pasien maupun keluarga. Sedangkan onkologi merupakan bidang ilmu kedokteran yang berfokus pada penyakit kanker.

Inti materi yang dipaparkan oleh kedua narasumber ini terletak pada sikap caring dengan persiapan SDM dan fasilitas yang layak bagi para pasien.

Saat penyakit pasien tidak lagi dapat disembuhkan atau dipulihkan, pengobatan kuratif yang cukup agresif dinilai tidak lagi tepat dan dapat dianggap berbahaya. Untuk itu, perawatan paliatif kini mulai dikembangkan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker di masa-masa terakhirnya.

Di saat perawatan kuratif lebih berfokus pada upaya perpanjangan hidup, perawatan paliatif lebih berfokus pada kualitas hidup dan masa kematian pasien dengan memandang kematian sebagai fase dalam kehidupan yang harus dihadapi.

Perawatan paliatif membantu pasien untuk meningkatkan aspek fisik, psikososial dan spiritual, sehingga pasien dapat meraih tujuan mereka hingga akhir hayatnya. Tujuan yang dimaksud adalah meliputi kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal, keikhlasan, menemukan arti dan nilai diri dari kehidupan dan kematian, serta memperbaiki hubungan.

Perawatan paliatif merupakan perawatan yang mengedepankan peningkatan kenyamanan dan kualitas kehidupan individu yang sedang menghadapi penyakit serius. Hasil akhir dari perawatan tersebut adalah memberi pertolongan dari gejala-gejala yang tidak mengenakan, mengurangi rasa sakit, serta meningkatkan kualitas hidup.

Seluruh rangkaian acara dilakukan dalam bahasa Inggris dengan lebih dari 500 audiens yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Ners FIkes UCB. Kegiatan ini dihandel langsung oleh para dosen UCB lulusan luar Negeri. Ns. Herliana M. Azi Djogo, S.Kep.,MSN, dan  Ns. Yulia Martiningsih K. Letor, S.Kes.,MAN menjadi pembawa acara sedangkan Ns. Analizza Ina Lea, S.Kep., Mang (AC) – Lulusan Australia, dan Ns. Angela M. Gatum S.Kep.,M.Sc, lulusan Inggris dipercaya sebagai moderator.

(vm)

Comment