Nasional

Semarakkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Srikandi PLN Bali-Nusra Turun Tangan Berantas Sampah Pantai Loang Baloq

17
×

Semarakkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Srikandi PLN Bali-Nusra Turun Tangan Berantas Sampah Pantai Loang Baloq

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNTT, MATARAM — Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Srikandi PLN Bali-Nusra, turun tangan membersihkan timbunan sampah di Pantai Loang Balok, Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela, NTB, Senin, 3 Juni 2024.

Srikandi PLN Bali-Nusra menjadi salah satu peserta aksi bersih pantai dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 sebagai bagian dari Employee Green Involvement yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) sebagai bentuk tanggung jawab lingkungan PT PLN (Persero) di kawasan sekitar proyek.

“Upaya nyata PLN dalam menjaga lingkungan akan semakin maksimal dengan dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak. Maka mari kita berinovasi bersama dan menjunjung prinsip keadilan,” ujar Senior Manager Keuangan Anggaran dan Umum sekaligus Koordinator Srikandi PLN Bali-Nusra, Uky Hapsari.

Dalam aksi peduli lingkungan ini, Srikandi PLN Bali-Nusra bersama keluarga besar PT PLN (Persero) UIP Nusra serta stakeholder dan komunitas terkait bergotong-royong mengumpulkan dan memilah sampah yang berserakan di sekitar Pantai Loang Baloq.

Sampah yang telah terkumpul nantinya akan diolah menjadi produk kerajinan bernilai guna dan bernilai jual oleh Komunitas Gerakan Lingkungan Sampah Nihil (GELISAH).

Uky Hapsari berharap kegiatan bersih Pantai Loang Baloq dapat memberikan dampak positif bagi kebersihan lingkungan sekitar Pantai Loang Baloq dan secara kontinu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar akan pentingnya menjaga lingkungan, terutama di kawasan wisata.

“Srikandi PLN hadir di tengah-tengah masyarakat dalam menunjang berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan PLN. Dalam setiap keterlibatan Srikandi, kami berupaya mendorong kemandirian perempuan di suatu daerah,” kata Uky Hapsari.

Keikutsertaan Srikandi PLN Bali-Nusra dalam aksi peduli lingkungan ini bukanlah yang pertama. Beranggotakan karyawati PLN wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Srikandi aktif menunjang program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) UIP Nusra, termasuk dalam program ‘Desa Berdaya’ di sekitar kawasan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulumbu 5-6 di Poco Leok.

Sementara itu, General Manager (GM) PT PLN (Persero) UIP Nusra, Abdul Nahwan, bangga dan mengapresiasi pergerakan Srikandi PLN Bali-Nusra, terutama dalam menunjang kinerja perusahaan dan membangun kapasitas serta kompetensi perempuan.

“PLN melalui Srikandi terus berupaya untuk ikut mendukung pemerintah dalam visi pengurangan emisi menuju net-zero emission (NZE) 2060 dan transisi energi ramah lingkungan,” ucap GM Abdul Nahwan.

Srikandi PLN merupakan katalis yang berperan penting dalam menunjang kinerja perusahaan. Srikandi PLN berperan membangun kapasitas dan kompetensi perempuan dan aktif menjaga keandalan pasokan listrik untuk menerangi negeri, sehingga penting untuk melengkapi jabatan struktural dari kalangan perempuan.

(*)

Comment