Dunia

Tiga Pesawat F-16 TNI AU Disiagakan di Kupang, Amankan Wilayah Udara Selama KTT ASEAN

114
×

Tiga Pesawat F-16 TNI AU Disiagakan di Kupang, Amankan Wilayah Udara Selama KTT ASEAN

Sebarkan artikel ini
FOTO : Panglima Koops Udara Nasional Marsekal Madya TNI M. Tonny Harjono kepada wartawan di Landasan Udara (Lanud) El Tari Kupang

WARTATIMOR, KUPANG — Jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 tahun 2023, yang digelar di Labuan Bajo, NTT, tiga pesawat F-16 telah disiagakan untuk mengamankan wilayah udara. Kegiatan KTT Asean digelar pada 9 – 11 Mei 2023. Ada delapan pemimpin negara dan satu PM serta Sekjen ASEAN dijadwalkan hadir.

Untuk menjaga agar pertemuan para pemimpin negara-negara ASEAN berjalan  dengan aman, TNI AU menyiapkan operasi pengamanan VVIP/VIP di wilayah udara sekitar Labuan Bajo, NTT. Tiga pesawat tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU) tiba di Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) El Tari Kupang, NTT pada Selasa (9/5/2023) sekitar pukul 10.36 wita.

“Pesawat F-16 itu bakal melakukan pemantauan dan pengamanan di wilayah udara selama pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo,” jelas Panglima Koops Udara Nasional Marsekal Madya TNI M. Tonny Harjono kepada wartawan di Landasan Udara (Lanud) El Tari Kupang.

Pesawat tempur ini ditempatkan di tiga wilayah yaitu Lanud El Tari Kupang, dan Lanud Iswahyudi Madiun dan masing- masing satu flight F-16 Sementara untuk Lanud Sultan Hasanuddin Makasar satu flight pesawat Sukhoi.

Dijelaskan Tonny, pesawat angkut yang ada di Labuan Bajo disiagakan tiga pesawat Hercules yang berfungsi untuk mengevakuasi medis maupun personel. Termasuk dua pesawat helikopter VIP.  Semua kegiatan ini akan selalu diamati dari atas udara dengan sebuah pesawat boing di Maritim Petrol milik Angkatan Udara, yang melakukan pengamatan dari atas venue kegiatan KTT Asean.

Sementara itu personil Angkatan Udara yang disiapkan sebanyak 1247 orang, termasuk didalamnya ada anggota Kopaska sebayak 390 orang, dan tugas mereka mengamankan baik alotsista maupun venue-venue ke sana.

Salah satu pilot pesawat tempur, Kapten PNB. Dwipayana Putra mengatakan tiga pesawat F-16 ini diterbangkan dari Madiun dan sempat melakukan patroli udara di sekitar Labuan Bajo, sebelum mendarat di Lanud Eltari Kupang, Selasa 9 Mei 2023.

“Rute penerbangan tadi yakni dari Madiun, terus sempat melakukan patroli udara di sebelah selatan Labuan Bajo, baru mendarat di Kupang,” terangnya. Untuk Tiga pesawat F-16 ini akan disiagakan selama tiga hari, yakni sampai tanggal (11/05/2023).

(*)

 

Comment