Pariwisata

Kembali Heboh…Lomba HUS Kuda Usman Husin Cup I Rote Ndao Segera Digelar di Lapangan Modosinal

116
×

Kembali Heboh…Lomba HUS Kuda Usman Husin Cup I Rote Ndao Segera Digelar di Lapangan Modosinal

Sebarkan artikel ini
FOTO : Hus Kuda Usman Husin Cup I di Rote Ndao

TEROPONGNTT, BA’A — Lomba HUS KUDA Usman Husin Cup I Rote Ndao Tahun 2023 segera digelar di Lapangan Modosinal, Kecamatan Rote Barat Laut (RBL), Kabupaten Rote Ndao.  Sesuai rencana, kegiatan lomba bernuansa wisata budaya ini akan digelar pada tanggal 22 Juli 2023.

Hus kuda adalah sebuah atraksi budaya berkuda masyarakat Kabupaten Rote Ndao, berupa atraksi pawai kuda berhias sekaligus perlombaan ketangkasan berkuda, serta makan dan menari bersama yang diikuti oleh pemilik kuda.  Namun demikian, Hus Kuda bukanlah pacuan kuda.

Kegiatan Lomba HUS Kuda dipastikan bakal menghebohkan masyarakat Kabupaten Terselatan Indonesia ini. Apalagi piala Lomba HUS KUDA Usman Husin Cup I Rote Ndao diukir dan didatangkan langsung dari Jepara Jawa Tengah.

Jika pada tahun sebelumnya, Lomba HUS KUDA digelar untuk memeriahkan pertandingan final Turnamen Sepak Bola Usman Husin Cup I Rote Ndao yang digelar pada Minggu (20/11/2022), maka pada tahun 2023 ini, atraksi berkuda atau semacam ‘tarian berkuda’ ini dilombakan secara khusus untuk memperebutkan Piala Lomba Hus Kuda Usman Husin Cup I Rote Ndao Tahun 2023.

Calon Anggota DPR RI dari PKB yang juga Wakil Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) NTT, Usman Husin, mengatakan, Lomba Hus Kuda Usman Husin Cup I Rote Ndao ini bakal lebih seru dan heboh dibanding tahun sebelumnya. Jumlah pesertanya pun lebih banyak karena diikuti peserta dari seluruh desa dalam wilayah Kabupaten Rote Ndao.

“Lomba Hus Kuda tahun ini diperkirakan akan lebih seru dan heboh. Ini ajang lomba yang sekaligus mempromosikan potensi budaya Kabupaten Rote Ndao. Karena Hus Kuda memiliki cerita sejarah yang unik,” kata Usman Husin saat dihubungi melalui pesan whatsapp (WA), Kamis (6/7/2023).

Untuk diketahui, pada tahun 2022 lalu, hampir seratus ekor kuda diikutkan dalam Lomba Hus Kuda untuk meriahkan pertandingan final Turnamen Sepak Bola Usman Husin Cup I Rote Ndao. Lokasi kegiatan lomba Hus Kuda kali ini juga digelar di tempat yang sama yakni di Lapangan Modosinal, yang juga dijadikan tempat Turnamen Sepakbola Usman Husin Cup I Rote Ndao waktu itu.

Hus Kuda sebenarnya merupakan upacara pertanian yang dilakukan para leluhur untuk menyatakan rasa syukur atas hasil pertanian yang berlimpah. Karena itu, upacara hus kuda biasanya dilangsungkan dalam suasana yang riang gembira.

Dalam lomba Hus Kuda, yang dinilai adalah keindahan hiasan serta gerak saat kuda berlangkah dan berlari, serta keindahan dan keunikan yang ditunjukan penunggang atau jokinya saat mengendalikan kuda Ketika beraksi.

Sementara itu, Piala Lomba Hus Kuda Usman Husin Cup I Rote Ndao 2023 sudah diukir dan didatangkan langsung dari Jepara Jawa Tengah. Piala HUS Kuda diukir dari bahan kayu pilihan berbentuk seekor kuda yang ditunggangi seorang pria mengenakan pakaian adat Rote Ndao. Pria penungang kuda mengenakan topi ti’I langga dan memakai kaca mata hitam.

Pada piala ini, pria penunggang kuda juga mengenakan selendang pada lehernya, baju kebesaran khas orang Rote dan juga memakai kain sarung tenun ikat Rote Ndao, serta mengenakan sandal pada kakinya. Pria penunggang kuda tampak gagah menunggang kuda sambil memegang tali kekang yang ditautkan ke mulut kuda.

Sementara kuda tunggangan pada piala HUS Kuda ini, tampak seperti kuda poni dengan kaki yang kekar dan mengenakan rantai di lehernya. Kuda tunggangan berdiri di atas ukiran kayu berbentuk seperti batu karang. Secara keseluruhan Piala HUS Kuda Usman Husin Cup ini berwarna coklat dan membuatnya tampak indah dilihat.

Pada piala ini tertulis PIALA BERGILIR HUS KUDA Usman Husin Cup Kabupaten Rote Ndao. Piala bergilir yang telah diukir indah ini, nantinya akan diperebutkan para peserta pada Lomba HUS Kuda Usman Husin Cup I Rote Ndao tahun 2023.

(max)

 

Comment