Daerah

Pesan Robert P Fanggidae Bagi Pemberdayaan Ekonomi Jemaat, Kita Semua Hidup Dalam Jejaring, Koneksi Bisnis Adalah Jejaring

99
×

Pesan Robert P Fanggidae Bagi Pemberdayaan Ekonomi Jemaat, Kita Semua Hidup Dalam Jejaring, Koneksi Bisnis Adalah Jejaring

Sebarkan artikel ini
FOTO : Robert-Fanggidae membawakan materi pada kegiatan Gebyar Perempuan GMIT Bertalenta Klasis Kota Kupang

TEROPONGNTT, KUPANG – Gebyar Perempuan GMIT Bertalenta Klasis Kota Kupang digelar selama tiga hari, tanggal 6-8 Juli 2023 di Gedung Pramuka Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan Gebyar Perempuan GMIT Bertalenta Klasis Kota Kupang ini diisi dengan dua agenda yakni Pameran serta Seminar dan Pelatihan.

Gebyar Perempuan GMIT Bertalenta Klasis Kota Kupang yang digelar Perempuan GMIT Klasis Kota Kupang ini mengangkat tema “The Power of Love”, dengan subtema “Perempuan Berdaya, Gereja Bangkit”. Kegiatan ini melibatkan perempuan GMIT dari seluruh Gereja dalam wilayah Klasis Kota Kupang.

FOTO : Robert P Fanggidae bersama jajaran pengurus Perempuan GMIT Klasis Kota Kupang.

Pada hari pertama kegiatan, Kamis (6/7/2023), Seminar dan Pelatihan Gebyar Perempuan GMIT Bertalenta Klasis Kota Kupang menghadirkan Direktur Utama (Dirut) Bank TLM, Robert P Fanggidae, sebagai pemateri. Pada kesempatan ini. Robert P Fanggidae membawakan materi dengan topik “Berjejaring dalam Pemberdayaan Ekonomi Jemaat”.

Dikatakan Robert P Fanggidae, sadar atau tidak, kita semua hidup dalam jejaring (networks). Hubungan keluarga baik sebagai keluarga Allah maupun keluarga secara genetika dan pertemanan, adalah jejaring. Koneksi bisnis pun adalah jejaring.

Selain itu, kata Robert P Fanggidae, komputer dan internet adalah jejaring. Wabah penyakit adalah jejaring. Politik dan kekuasaan pun adalah jejaring. Kultur dan hubungan sosial adalah jejaring. Bahkan emosi dan perasaan adalah bagian dari jejaring.

“Malah tak jarang kita terikat dalam beberapa lapis jejaring yang berbeda (multilayer),” kata Robert P Fanggidae, yang juga dikenal sebagai Ketua Kagama NTT ini.

Karena itu, Robert P Fanggidae, berpesan kepada Perempuan GMIT Klasis Kota Kupang, agar persiapkan SDM, kelembagaan, produk, IT dan modal, lalu bangun relasi dengan para pihak, yakni pemerintah, dunia usaha termasuk lembaga jasa keuangan, perguruan tinggi, juga pers, sehingga potensi dapat menjadi produk yaitu barang dan jasa yang berkualitas.

“Mulailah dari identifikasi dan analisa kekuatan, optimalkan untuk merebut peluang, kurangi kelamahan dan hadapi tantangan,” pesan Robert P Fanggidae.

Artinya, Berjejaring adalah point penting dalam Pemberdayaan Ekonomi Jemaat. Jika ingin memulai usaha bisnis, ingatlah untuk membangun jejaring sebagai pendukung tumbuh kembangnya usaha yang digeluti. Manfaatkan jejaring dan jadilah pebisnis yang sukses.

Gebyar Perempuan GMIT Bertalenta Klasis Kota Kupang masih terus digelar hingga, Sabtu 8 Juli 2023, dengan rangkaian kegiatan pelatihan dan seminar bagi pemberdayaan ekonomi jemaat, khususnya Perempuan GMIT Klasis Kota Kupang.

(max)

Comment