Profil

Drg. Ratih Trikusumadewi Lubis, Sp.RKG, Dokter Gigi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi Pertama di Kota Kupang

1188
×

Drg. Ratih Trikusumadewi Lubis, Sp.RKG, Dokter Gigi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi Pertama di Kota Kupang

Sebarkan artikel ini
FOTO : Drg. Ratih Trikusumadewi Lubis, Sp.RKG

TEROPONGNTT, BANDUNG – Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Padjadjaran (FKG Unpad) Bandung, menggelar Prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Gigi serta Pelantikan Dokter Gigi Spesialis Gelombang IV Tahun Akademik 2021/2022 pada, Selasa (9/8/2022) siang. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin Dekan FKG Unpad, Dr. Dudi Aripin, drg., Sp.KG.

FOTO : Dokter Ratih bersama kedua orangtuanya

Jumlah dokter gigi dan dokter gigi spesialis yang dilantik dan diambil sumpah pada kesempatan ini sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 25 orang dokter gigi dan 5 orang dokter gigi spesialis. Dengan digelarnya pelantikan dan pengambilan sumpah ini, maka sampai dengan gelombang IV tahun akademik 2021/2022, FKG Universitas Padjadjaran Bandung telah menghasilkan 4.398 orang dokter gigi dan 920 orang dokter gigi spesialis.

Salah satu dokter gigi spesialis yang juga dilantik dan diambil sumpah pada kesempatan ini adalah Drg. Ratih Trikusumadewi Lubis, Sp.RKG. Dokter Ratih, begitu ia biasa disapa, dilantik dan diambil sumpah menjadi Dokter Gigi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (Sp.RKG) setelah menempuh pendidikan spesialis kedokteran gigi sejak 2019.

“Dokter spesialis untuk kedokteran gigi itu macam-macam, ada spesialis bedah mulut (Sp.BM), ada spesialis kedokteran gigi anak (Sp.KGA), ada spesialis penyakit mulut (Sp.PM), spesialis radiologi kedokteran gigi (Sp.RKG) dan lainnya. Kalau saya dilantik dan diambil sumpah sebagai dokter spesialis radiologi kedokteran gigi (Sp.RKG),” jelas Dokter Ratih saat dihubungi pertelepon, Rabu (10/8/2022).

Setelah menjadi dokter spesialis radiologi kedokteran gigi, jelas Istri dari Harry Wayusman Husin ini, bidang keahliannya dalam bekerja dan melayani pasien menjadi lebih spesifik, Tidak menangani langsung pasien sakit gigi seperti dokter gigi, tetapi lebih kepada tugas di bidang radiologi seperti membaca hasil foto rontgen dan lainnya.

FOTO : Dokter Ratih bersama bapak dan mama mantunya

Dokter spesialis radiologi kedokteran gigi adalah seorang dokter ahli yang khusus melakukan pengambilan dan interpretasi gambar dan data sinar-x (rontgen). Hasil interpretasi gambar dan data tersebut akan digunakan untuk penegakan diagnosis dan pengelolaan penyakit atau kondisi mulut dan rahang atas.

Pemilihan spesialis radiologi kedokteran gigi (Sp.RKG) sebagai bidang keahlian tentu memiliki alasan tersendiri bagi dokter cantik ini, Yang pasti, spesialisasi yang telah diraih diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama yang mengalami penyakit gigi.

Pelantikan dan pengambilan sumpah sebagai dokter spesialis radiologi kedokteran gigi ini sekaligus menjadi hadiah ulang tahun istimewa bagi Drg. Ratih Trikusumadewi Lubis, Sp.RKG. Dokter Ratih lahir di Bogor-Jawa Barat, 12 Agustus 1984. Ayahnya Bernama Beny Lubis, dan mamanya bernama Haryani Lubis.

Setelah tamat kuliah dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti Jakarta, dokter Ratih kemudian datang ke Kota Kupang sebagai dokter PTT dan bertugas di Puskesmas Penfui selama tahun 2012-2013. Selesai masa tugas sebagai dokter PTT, dokter Ratih lalu bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Umum (RSU) SK Lerik Kota Kupang.

Di Kota Kasih Kupang ini, dokter Ratih lalu bertemu dengan Harry Wayusman Husin, putra dari bapak Usman Husin dan ibu Erna Nunuhitu, yang kini menjadi suaminya. Bapak Usman Husin adalah kakak kandung dari Mantan Menteri Perindustrian RI, Saleh Husin.

Setelah bertugas selama beberapa tahun sebagai dokter gigi di RSU SK Lerrik Kota Kupang, dokter Ratih lalu melanjutkan pendidikan ke Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung untuk mengambil spesialis pada tahun 2019 hingga diwisuda, dilantik dan diambil sumpah sebagai Dokter Gigi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (Sp.RKG).

Kini, dokter Ratih siap kembali ke Kupang untuk mengaplikasikan keahliannya sebagai dokter gigi spesialis radiologi kedokteran gigi di RSU SK Lerrik Kota Kupang. Dokter Ratih juga bercita-cita membuka klinik atau tempat praktek sendiri sebagai dokter gigi spesialis.

Setelah dokter Ratih menjadi dokter spesialis, maka keluarga bapak Usman Husin secara otomatis memiliki tiga orang dokter spesialis. Ketiga dokter spesialis itu yakni Dokter Nirmalia Husin, M.Ked (Ped), Sp.A. (putri bapak usman Husin) dan suaminya Kapten CKM dr. R Prathama Wiradharma, M.Ked (ClinPath), Sp.PK, serta Drg. Ratih Trikusumadewi Lubis, Sp.RKG (istri dari Harry Wayusman Husin, putra dari bapak Usman Husin).

(max)

Comment