Tips & Kesehatan

Peduli Kemanusiaan, Fried Chicken (FC) Brottus Kupang Gelar Donor Darah Secara Rutin

44
×

Peduli Kemanusiaan, Fried Chicken (FC) Brottus Kupang Gelar Donor Darah Secara Rutin

Sebarkan artikel ini
FOTO : Kegiatan donor darah di FC Brottus Kupang

TEROPONGNTT, KUPANG — Fried Chicken (FCBrottus Kupang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi NTT menggelar kegiatan donor darah di rumah makan tersebut, pada Minggu (23/7/2023).

Kegiatan donor darah ini sebegai bentuk kepedulian terhadap sesama yang sakit dan membutuhkan bantuan darah.

Selain itu, kegiatan donor darah juga sebagai bentuk syukur karena usaha Fried Chicken (FCBrottus Kupang terus berkembang dan diminati banyak pengunjung.

Pada kegiatan ini, setiap pendonor mendapat voucher makan gratis di Fried Chicken (FCBrottus Kupang sebagai bentuk ucapan terima kasih karena telah bersedia menyumbangkan darah bagi sesama.

Beberapa pendonor yang dimintai komentarnya, mengaku senang karena bisa mendonorkan darah dan membantu sesame. Apalagi, setelah menyumbangkan darah, juga mendapat kupon atau voucher makan gratis di FC Brottus Kupang.

Pjs. Marketing  FC Brottus Kupang, Iqbal Mustafa mengatakan, aksi donor darah merupakan kegiatan rutin yang digelar FC Brottus.

Kegiatan ini dilakukan setiap 3 bulan sekali, bekerja sama dengan PMI NTT guna memenuhi kebutuhan darah di Kota Kupang yang terus saja meningkat.

Kegiatan ini dapat diikuti oleh siapa pun yang sudah dinyatakan boleh mendonorkan darahnya oleh tim PMI NTT.

FC Brottus berharap warga Kota Kupang dan sekitarnya dapat memanfaatkan kegiatan donor darah ini untuk saling membantu dengan sesame yang membutuhkan.

“Sebagai bentuk syukur, Fried Chicken (FCBrottus Kupang punya dua program social yang dilaksanakan secara rutin.

Yakni, selain program Donor Darah setiap 3 bulan sekali, kami juga punya program Brottus Berbagi bersama anak yatim yang ada di Kota Kupang dan sekitarnya,” jelas Iqbal di sela-sela kegiatan donor darah pada, Minggu (23/7/2023).

Hanya saja, kata Iqbal, waktu pelaksanaan kegiatan Brottus Berbagi tidak dilakukan bersamaan dengan kegiatan donor darah.

Sementara mengenai voucher makan gratis bagi pendonor, kata Iqbal, dilakukan sebagai bentuk ucapan terima kasih karena mereka telah bersedia memberikan daranya bagi sesama yang membutuhkan.

“Kami berharap, warga Kota Kupang dan sekitarnya dapat terus berpartisipasi memberikan darahnya pada setiap kegiatan donor darah yang kami laksanakan,” kata Iqbal

Sementara Kepala Laboratorium Unit Transfusi Darah PMI NTT, Anggi Dethan mengatakan, Kerjasama FC Brottus Kupang dan PMI NTT dalam menggelar kegiatan donor darah telah rutin dilakukan sejak tiga tahun lalu.

Jumlah warga yang mendonorkan darah di kegiatan yang digelar FC Brottus juga terus meningkat karena FC Brottus juga menyediakan voucher makan gratis sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada para pendonor.

Pada kegiatan donor kali ini, jelas Anggi Dethan, juga darah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 49 kantong darah, sementara tujuh calon pendonor lainnya tidak bisa diambil darah karena HB darah mereka rendah.

“Sebelum diambil darahnya, seorang calon pendonor diperiksa dulu HB darahnya, dicek tekanan darahnya dan umur pendonor harus berkisar antara 17 – 50 tahun, serta berat badan pendonor harus 45 kg ke atas. Biasanya kalau kurang tidur malam, HB darah akan turun,” kata Anggi Dethan.

Anggi Dethan berharap, kedepannya makin banyak masyarakat yang mau mendonorkan darahnya, karena selain bisa membantu sesama, juga membuat tubuh pendonor sendiri menjadi lebih segar dan sehat.

(max)

 

 

Comment