Pendidikan

Pejabat Gubernur NTT Berharap Dr. Willybrordus Lanamana, SE, MAA Bisa Menahkodai Universitas Flores Dengan Baik dan Penuh Tanggung Jawab

32
×

Pejabat Gubernur NTT Berharap Dr. Willybrordus Lanamana, SE, MAA Bisa Menahkodai Universitas Flores Dengan Baik dan Penuh Tanggung Jawab

Sebarkan artikel ini
FOTO : Pelantikan Dr. Willybrordus Lanamana, SE, MAA sebagai Rektor Uniflor oleh ketua yayasan

TEROPONGNTT, ENDE — Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) Dr. Laurentius D. Gadi Djou, Akt. melantik Dr. Willybrordus Lanamana, SE, MMA menjadi Rektor Universitas Flores (Uniflor) Periode 2024-2028. Acara pelantikan berlangsung di Auditorium H.J Gadi Djou Universitas Flores,Ende, Sabtu (27/1/2024).

Acara pelantikan Rektor Universitas Flores (Uniflor) Periode 2024-2028 ini, Pj Gubernur NTT, Ayodhia G.L Kalake,S.H,MDC diwakili oleh Asisten 3 Setda Provinsi NTT, Semuel Halundaka, S.Ip., M.Si.  Hadir pula Rektor Uniflor periode sebelumnya, Dr. Simon Sira Padji, M.A., Ketua DPRD Ende Fransiskus Taso, S.Sos., Forkopimda Kabupaten Ende, tamu/undangan, serta para dosen dan karyawan lingkup Uniflor.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten 3 Setda Provinsi NTT, Semuel Halundaka, Pejabat (Pj) Gubernur NTT, Ayodhia G.L Kalake, S.H, MDC menyampaikan ucapan selamat kepada Dr. Willybrordus Lanamana, SE, MMA, karena telah dilantik menjadi Rektor Universitas Flores (Uniflor) Periode 2024-2028.

Pj Gubernur NTT, Ayodhia G.L Kalake, S.H, MDC berharap, Dr. Willybrordus Lanamana, SE, MMA bisa menahkodai Univeritas Flores dengan baik dan bertanggung jawab, sehingga kampus Uniflor dapat terus berpartisipasi dalam pembangunan terutama dalam bidang pendidikan.

“Saya berharap, kepercayaan yang telah diberikan oleh Yayasan Perguruan Tingi Flores untuk menahkodai kampus ini, dapat dijalankan dengan baik, penuh perhatian, dan kerja keras, serta penuh rasa tanggung jawab. Juga didukung dengan pola kerja-sama yang konstruktif dengan pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan, demi pengembangan Uniflor sebagai perguruan tinggi bermutu,” kata Pj Gubernur NTT dalam sambutan tertulisnya.

Pj Gubernur mengatakan, dunia perguruan tinggi saat ini terus mengalami perkembangan dan perubahan. Tdak bisa bertahan dan menutup diri dari dinamika dan perkembangan global. Perkembangan peradaban manusia sangat dipengaruhi oleh kemampuan masyarakat dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan itu harus kita sadari

Peran perguruan tinggi sebagai pusat pendidikan unggulan (center of excellent) dalam membangun sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas sangatlah penting. Dan itu menjadi tantangan tersendiri bagi Rektor Uniflor sebagai nahkoda di kampusnya.

Menurut Pj Gubernur, pengembangan perguruan tinggi dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, kurikulum, dosen, staf administrasi, serta dukungan anggaran, dan kemampuan manajerial dari pimpinan.

Sementara kualitas sebuah perguruan tinggi dapat dilihat pada kualitas lulusannya yang mencakup penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kemampuan mengolah rasa, seni, budaya, serta kemampuan bekerja nyata, kemampuan untuk bisa bersaing di lapangan kerja.

Karena itu, kata pj Gubenur NTT, Universitas Flores (Uniflor), harus terus memperteguh dan merekonstruksi prinsip-prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga membuka peluang bagi pengembangan diri kampus, pengembangan diri dosen dan mahasiswa. Sehingga bisa menghadapi setiap tantangan yang ditemui.

Sementara Rektor Uniflor Ende yang baru dilantik, Dr. Willybrordus Lanamana, S.E,MMA, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif), Dr Laurentius Gadi Djou,SE,Akt., yang telah mempercayakan dirinya menjadi Rektor Universitas Flores periode 2024-2028. Serta berterima kasih kepada Rektor Uniflor sebelumnya, Dr. Simon Sira Padji, M.A. yang telah meletakkan dasar/fondasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kerja-kerja teknis administrasi akademik.

“Banyak hal yang telah dicapai antara lain akreditasi institusi meraih nilai B, sebagian besar prodi terakreditasi Baik Sekali, 72% dosen Uniflor mendapat predikat dosen profesional. Pada Januari 2024 Uniflor naik peringkat berada di Klaster Utama perguruan tinggi,” kata Dr. Willybrordus Lanamana.

Secara umum Rektor Uniflor menyampaikan perhatian serius dalam rencana strategis (renstra) dalam masa baktinya yaitu pendidikan berkarakter, organisasi perguruan tinggi lebih efisien dan efektif, peningkatan mahasiswa di setiap program studi (prodi) dan promosi, memberi perhatian terhadap kuantitas dan kualitas pelaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik pendanaan internal maupun eksternal, perhatian serius terhadap relevansi perguruan tinggi dengan masyarakat yang menjawab kebutuhan masyarakat, organisasi kemahasiswaan, hingga program kompetisi Kampus Merdeka.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pelantikan terhadap Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Reyna Virginia Nona, S.E., M.M.A., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr. Dra. Imaculata Fatima, M.M.A., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Mansyur Abdul Hamid, S.E., M.A., dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Dr. Ernesta Leha, S.E., M.Agb.

(*)

Comment